FB Twitter Google+
<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget' title='News Widget'>News Widget</a></div>

Cara Membuat Halaman Contact Form (Contact Me) di Blog/Website

Posted by Cemon Cavalera Sabtu, 16 Juli 2011
Share this article on:

Contact Form, yang seringkali disebut juga sebagai halaman "Contact Me" atau "Kontak Saya", merupakan bagian terpenting dari blog/website yang berfungsi sebagai media korenspondensi formal dan personal. Meskipun sudah ada banyak media lain, namun halaman kontak menjadi pilihan karena menjaga privacy bagi kedua belah pihak, yaitu pemilik blog/website dan visitor/customer. Form ini juga berfungsi menghindari spam yang dikirim melalui email. 

Oleh karena itu, untuk menghindari resiko tersebut digunakanlah contact form. Saya telah merasakan banyak manfaat dari penggunaan Contact Form ini, hampir setiap hari ada visitor yang menggunakan Contact Form untuk menanyakan beberapa hal, memasang iklan, meminta jasa membuatkan blog, SEO dan lain-lain. Baru setelah ada korespondensi lebih lanjut, saya menggunakan media email/chat secara langsung.

Untuk blog Blogger/Blogspot, halaman ini secara default tidak disediakan, lain halnya dengan WordPress dimana fitur ini sudah terintegrasi. Namun jangan khawatir, anda dapat membuatnya dengan beberapa langkah sederhana saja, yaitu menggunakan Contact Form eksternal yang diinstal di halaman blog/website.

1. Pilih salah satu dari situs penyedia Email Contact Form di bawah ini yang menurut anda cocok:
a. 123 Contact Form
b. FormSpring
c. Kontactr
d. PagePow
e. My Contact Form
f. Email Me Form
2. Buat akun di situs yang telah anda pilih dan ikuti beberapa langkah untuk membuat Contact Form. Seluruh tutorial di situs-situs tersebut sudah sangat jelas jadi tidak perlu lagi disampaikan disini. Anda dapat mengkostumisasi tulisan, isi pesan, batasan kata (minimum-maximum character), hingga ke tampilan Form tersebut (CSS styling) dengan hanya beberapa klik.
3. Setelah kostumisasi selesai, copy kode yang telah dibuat. Ada beberapa opsi kode yang bisa dipilih, untuk blog blogger/blogspot, pilih opsi kode berjenis HTML/Javascript dan bukan yang PHP.

Cara Membuat Halaman Contact Form di Blog:
1. Buatlah sebuah halaman posting baru dengan judul "Contact Me", "Kontak Saya", "Hubungi Saya", atau apapun yang anda lebih sukai. Saya sarankan jenis halaman tersebut adalah halaman statis (static page) dan bukan halaman posting seperti biasanya, karena halaman tersebut bersifat "timeless" atau tidak mengandung url yang menunjukkan bulan dan tahun. Selain itu, halaman Contact Me juga tidak membutuhkan optimasi search engine (SEO) seperti halaman posting lain.
Cara membuat halaman statis di blogger: Dashboard > New Post > Edit Pages > New Page.
2. Klik "edit HTML" (disebelah pojok kanan atas kotak posting).
3. Masukkan kode Contact Form yang telah dibuat tadi ke kotak posting.
4. Untuk preview hasilnya, cukup klik "Compose" (kembali ke menu WYSIWYG).
5. Jika sudah beres, bisa langsung disimpan atau bisa ditambahkan beberapa tulisan lain sekehendak anda.
6. Kemudian Publish.
7. Pasang link secara manual ke link list blog, menu, atau tempat-tempat lain yang diinginkan.
8. Done

1 Komentar — Skip to Comment

Cemon mengatakan... [Reply to Comment]

coba aja dech...!!

Poskan Komentar — or Back to Content