FB Twitter Google+
<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget' title='News Widget'>News Widget</a></div>

Keganjilan Izin Terbang Sukhoi Terkuak

Posted by Hamba Allah
Share this article on:


Headline
Herry Bakti 
 
 Satu per satu keganjilan Joy Flight pesawat Sukhoi Superjet 100 mulai terkuak. Kementerian Perhubungan mengungkapkan, pesawat SSJ 100 yang jatuh di Gunung Salak ternyata awalnya tak mendapat izin terbang.

Karena Kemenhub hanya memberi izin pesawat SSJ 100 dengan nomor seri pesawat 97005. Adapun pesawat yang jatuh di Gunung Salak, Bogor bernomor seri 97004. Sukhoi mengganti pesawat setelah izin terbang untuk SSJ 100- 97005 dikeluarkan.

"Izinnya memang ada perubahan, waktu itu saya terima laporan dari pihak Trimarga bahwa pesawatnya yang datang itu berbeda karena di surat izin itu nomor 97005, tapi yang datang itu nomor 97004," ujar Dirjen Perhubungan Udara, Herry Bakti dalam RDP dengan Komisi V, di Gedung DPR, Senayan, Senin (28/5/2012).

Herry mengatakan, adanya perbedaan itu sempat ditanyakan Kemenhub kepada pihak PT Trimarga sebagai agen dari pesawat Sukhoi Superjet 100 itu. "Saya sempat pertanyakan secara profesional, mengapa ini berbeda tapi mereka (PT Trimarga) bilang katanya mesinnya sama, jadi saya bilang kalau sama ada tidak masalah? Dan mereka bilang tidak," ungkapnya.

Lebih lanjut, Herry menambahkan pihak Kemenhub pada saat izin terbang itu diajukan, tak pernah mengetahui bentuk dan jenis pesawat yang akan datang. Karena Kemenhub hanya menerima call side pesawat yang akan terbang di Indonesia.

"Izin masuk kita tidak tahu pesawatnya, di sini kita tak tahu pesawatnya apa hanya ada call side-nya saja. Tidak ada serial numbernya. Tanggal 3 Mei 2012 sudah ditanda tangani izinnya ini," tandasnya.

source


0 Komentar — Skip to Comment

Posting Komentar — or Back to Content